Kondisi Paru-paru Remaja Berusia 19 Seperti Perokok Berat 80 Tahun Akibat Isap Vape

 Kondisi Paru-paru Remaja Berusia 19 Seperti Perokok Berat 80 Tahun Akibat Isap Vape

Seorang pemuda berusia 19 tahun menjelaskan tentang penyakit paru-paru yang dialaminya.


Kondisi paru-paru pemuda tersebut mirip dengan paru-paru perokok usia 80 tahun, kok bisa?


Ternyata pemuda tersebut memang aktif menghisap vape selama enam bulan.


Dilansir oleh Daily Star pada Kamis (27/8/2020), laki-laki berusia 19 tahun ini bernama Ewan Fisher mengungkapkan tentang kondisi kesehatannya.


Fisher harus menghabiskan waktu beberapa minggu untuk melakukan perawatan intensif karena paru-paru gagal.


Padahal saat itu Fisher sedang mempersiapkan ujian akhir sekolah.


Maka Fisher pun terpaksa harus bernapas menggunakan paru-paru buatan untuk bertahan hidup.


Fisher mengalami kondisi yang disebut Pneumonitis hipersensitivitas (peradangan paru yang terjadi akibat reaksi alergi terhadap alergen/zat asing).


Fisher harus berjuang selama 10 minggu di rumah sakit untuk mengobati paru-parunya.


Meskipun ia bisa pulih, namun hidupnya akan berubah.


Remaja yang tinggal di Nottingham, Inggris ini menderita sakit paru-paru parah.


Bahkan ia akan kehabisan napas jika menaiki tangga.


Dia mengakui kakeknya yang berusia 65 tahun, yang telah merokok selama 40 tahun, jika lebih bugar darinya.


“Saya dulu sangat sehat. Saya biasa berlari setiap malam dan kini saya tidak bisa melakukan apa-apa lagi.


“Saya tidak bisa lari, saya benar-benar kesulitan mendaki bukit. Itu merusak semua persendian saya.


“Kakek saya lebih bugar daripada saya dan dia berusia 65 tahun. Ketika saya di rumah sakit, mereka mengatakan saya memiliki paru-paru seorang perokok berusia 80 tahun," katanya menjelaskan keadaannya.


Fisher mengaku sangat mudah membeli rokok dan menghisap vape saat umurnya belum sampai 17 tahun.


Ia juga mengakui khawatir jika anak-anak lain menikmati varian vape yang dikatakan manis sehingga memikat anak-anak untuk menggunakannya.


“Rasanya benar-benar membuat ketagihan. Ketika saya pergi ke rumah sakit, mereka mengambil vape saya.


"Jika Anda bisa mendapatkan rasa manis seperti minuman bersoda, itu akan menarik anak muda, bahkan ada seperti rasa kue dan krim," ucapnya.


Fisher saat ini berusaha untuk tetap menjaga kesehatannya dengan melakukan olahraga ringan.


Ia melakukan olah raga dan menjauhi vape serta rokok, ia berusaha tetap menjaga kondisi tubuh, meskipun paru-parunya tidak bisa kembali seperti dahulu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel